Monday, December 28, 2015

Holiday packing list for baby

Hallooo.. sudah lama banget rasanya tidak update tulisan di blog saya ini.. ;p
Maklum namanya juga pekerja EO yaaa.. akhir tahun begini kerjaan sudah panjang banget list-nya minta dikerjakan semua sebelum tahun berganti. Bahkan main sama anak pun makin sedikit banget waktunya.. huhuhu sedih ;(

Nah mumpung banyak libur di bulan Desember ini disempatkanlah family time.. kapan lagi coba.. hehehe :p Kebetulan Ibu mertua mengajak liburan ke Jogjakarta. Wihiiii.. I feel so excited! Ditengah kesuntukan kerjaan yang bertubi-tubi, akhirnya ada waktu juga buat relax dan seneng-seneng. Bahkan si anak kecil pun ikut heboh menyiapkan barang-barang yang mau dibawa (dan tau donk akhirnya malah berantakan T_T).

Kira-kira barang apa saja sih yang perlu dibawa untuk bepergian jauh bersama si kecil? Berikut adalah list yang aku siapkan untuk bepergian kali ini :

1. Pakaian
Berapa banyak baju ganti yang perlu dibawa sebenarnya tergantung kemana kita akan pergi dan berapa lama waktu kita disana. Contohnya klo kita pergi ke daerah pantai pasti semakin banyak donk baju gantinya, karena cuaca daerah pantai yang cenderung panas membuat si kecil cepet keringetan oleh sebab itu harus sering-sering diganti bajunya agar tidak ruam dan merah-merah kulitnya. Berhubung Jogja standar aja cuacanya saya siapkan pakaian si kecil 4pcs perharinya termasuk baju tidur. Untuk pelengkap saya sediakan topi, kaos kaki dan baju renang.

2. Makanan
Karena si kecil (+17mos) sudah bisa makan nasi dan lauk pauknya tentu mempermudah persiapan saya. Saya tidak perlu bawa alat masak dan embel-embelnya.
Makanan yang dimakan sehari-hari selama liburan bisa dipesan di tempat kita makan. Namun yang selalu jadi catatan saya tentu tempatnya harus terjamin dari segi kebersihan dan kualitas makanannya. Lalu untuk makanan pendukung, saya biasa membawa baby food dalam jar atau pouch dan baby crackers.

3. Susu
Untuk saya yang sudah tidak menyusui tentu saja wajib hukumnya membawa susu bubuk. Bawa seperlunya saja, bisa dihitung dari berapa kali dalam sehari biasanya si kecil minum susu dan baiknya dilebihkan beberapa botol untuk berjaga-jaga jadi tidak perlu bawa berkaleng-kaleng susu ya.. Untuk menunjang kebutuhan persusuan ini jangan lupa juga dibawa alat pembersih seperti sabun botol dan sikatnya. Klo ada yang mau bawa steamer botol boleh saja. Tapi klo menurut saya agak merepotkan ya. Sebagai alternatif botol yang telah dicuci bisa direndam dalam air panas. Klo yang saya baca, menurut penelitian (baca di google) terlalu higienis tidak baik juga lho buat sistem imun tubuh kita.

4. Perlengkapan mandi dan keperluan pendukung
Bawa sabun head to toe yang ada minyak telonnya. Ini mempermudah saya dikala diburu waktu. Jadi tidak perlu repot lagi mengoleskan minyak telon setelah mandi. Tapi minyak telon tetap harus dibawa untuk menghindarkan si kecil dari masuk angin. Jangan lupa dengan keperluan lain seperti bedak, baby hair lotion, lotion anti serangga, tissue basah dan salep ruam/gatal.

 5. Diapers
Bagi sebagian orang tua membawa diapers banyak sungguh merepotkan dan akhirnya mereka memilih untuk menyiapkannya dalam jumlah sedikit dan merencanakan membelinya ditempat mereka berlibur. Tapi saya selalu berjaga-jaga karena tidak setiap tempat wisata memiliki toko yang menjual diaper kan? Apalagi klo pergi ke tempat yang jauh dari kota, pasti sulit mencarinya dan kalaupun ada harganya bisa 2x lipat. Daripada kerepotan disaat liburan dan bikin gak enjoy lebih baik berjaga-jaga.

6. Stroller Lipat
Stroller lipat menjadi salah satu item yang harus bin wajib untuk dibawa travelling. Kenapa? Untuk kenyamanan dan kalancaran liburan bersama tentunya.. hahaha.. Tidak mau kan encok dan pegel-pegel karena menggendong si kecil saat sedang rewel atau saat dia tidur?

7. Obat-obatan
Obat-obatan perlu dibawa serta saat liburan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena obat-obatan untuk anak dibawah 5 tahun sangat spesifik dan berbeda kadarnya dengan obat-obatan yang dijual umum.

8. Mainan
Sebenarnya tidak terlalu penting sih, tapi menurut saya membawa salah satu mainannya bisa mengobati si kecil dari kangen suasana rumah. Apalagi jika yang dibawa adalah mainan favoritnya.


Persiapan Kyla bepergian :)

Banyak orang tua yang males bepergian jauh tanpa bawa si mbak atau baby sitter. Apalagi orang tua pekerja yang sehari-hari mengandalkan si mbak untuk mengurus anaknya *nunjuk diri sendiri ;p* Memang sih agak ribet awalnya klo tidak biasa travelling jauh sama si kecil. Mesti menyiapkan ini itu, stok makanan buat yang baru mpasi, bawa belasan diapers dan keperluan bayi lainnya. Tapi percaya deh waktu yang dihabiskan untuk mengurus dan bermain bersama di tempat-tempat yang jarang dikunjungi bisa membangun bonding antara orang tua dan si kecil :)

note: untuk yang bepergian dengan pesawat jangan lupa bawa earplug untuk dipakai si kecil ya. Kebetulan Kyla (putri kecil saya) tidak rewelan jd saya tidak pernah bawa. Alternatif lain adalah berikan susu/minum pada si kecil saat pesawat take of agar telinganya tidak pengeng/dengung yang disebabkan adanya tekanan di ketinggian. Semoga bermanfaat.


Ada keseruan apa aja sih selama saya di Jogja? Sabar yaa.. tunggu update coretan saya selanjutnya.. xoxo

No comments:

Post a Comment